Jenderal Moeldoko Bersama Jokowi Susuri Kali Ciliwung

Bookmark and Share
Details Created on Wednesday, 14 August 2013 16:01 Published Date

Jakarta, GATRAnews - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko menegaskan upaya membersihkan sungai Ciliwung dari sampah tak semudah membalikan telapak tangan. Selain pembersihan secara simultan, menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah di sungai harus terus digiatkan.


"Memang itu tidak mudah, kita perlu kerja keras lagi untuk menyelesaikan masalah itu," ujar Moeldoko usai menyusuri sungai Ciliwung bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur, Rabu, (14/8) pagi.


Mantan Pangdam XI Tanjungpura ini mengatakan, dirinya bersama Pemprov DKI Jakarta dan instansi berwenang lainnya sepakat menggelar operasi rutin di semua aliran sungai di Ibukota. Sebagai langkah awal patroli akan mulai dilakukan di sepanjang sungai Ciliwung.


Salah satu tujuan patroli sungai tersebut untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai. Selama ini sampah rumah tangga dan industri menjadi biang kerok meluapnya sungai dan merendam wilayah DKI Jakarta.


"Kita mau beri pelajaran ke masyarakat, jangan sampai melakukan itu lagi (buang sampah sembarangan) di sepanjang aliran sungai," tegas KSAD.


Sementara itu, Jokowi berharap dengan dilakukannya kegiatan patroli tersebut, selain dapat membuat sungai Ciliwung menjadi semakin bersih, juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di sungai.


"Nanti kalau ada yang buang sampah, langsung pokoknya.., maksudnya langsung diberitahu. Awalnya diberitahu dulu, yang kedua nanti baru diberikan tindakan," terangnya.


Mantan Walikota Surakarta dan politisi PDIP ini menambahkan, dengan melakukan patroli sungai, pihaknya bisa mengetahui siapa saja warga yang suka membuang sampai disungai.


"Kalau di lapangan itu, (biar) tahu siapa yang buang (sampah dan) yang tidak. Kalau (warga) ditanya, itu dari atas (Bogor). Tapi itu kita lihat ketika nanti patroli yang akan kita lakukan," imbuh Jokowi. (*/ Zak)


Add comment


Loading...

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment