SRC:www.antaranews.com
Jakarta (ANTARA News) - Sentimen pasar kini dapat diketahui dari media sosial seperti Twitter lewat piranti lunak dari SAP. "Layanan itu berbasis HANA (High Performance Appliance Analytic), yang merupakan layanan database and technology dari SAP," kata Direktur Pengelola SAP Indonesia, Singgih Wandojo, di sela-sela kunjungan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) di Jakarta Utara, Selasa. Singgih menjelaskan analisa sentimen pasar dari media sosial itu dipakai untuk mengetahui kebutuhan dan respon pelanggan terhadap produk perusahaan. "Misalnya perusahaan es krim di kawasan pantai, dari sejumlah twit yang muncul bisa diketahui kebutuhan konsumen di sana," kata Singgih. HANA, menurut Singgih, merupakan layanan berbentuk menyerupai perangkat keras sebagai penyimpan rekam jejak data-data perusahaan untuk kemudian dianalisa. "Dengan HANA, data tidak disimpan dalam hard-disk, tapi di memori," kata Singgih. Pada Februari 2012, SAP meluncurkan tiga layanan solusi bisnis baru yaitu layanan "database and technology" yang termasuk HANA, "mobile" (untuk perangkat bergerak), dan "cloud" (komputasi awan).
(I026)
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment