Jokowi Puji Gerak Cepat Lurah dan Camat di Wilayah Banjir

Bookmark and Share

HERUDIN Sebuah warung makan tetap buka melayani pembeli di tengah banjir yang melanda Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (13/1/2014). Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi dan air kiriman dari Bogor. TRIBUNNEWS/HERUDIN


JAKARTA, TERKINISEKALI.BLOGSPOT.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memuji sejumlah lurah dan camat yang bergerak cepat membantu para korban banjir. Ia meminta pelayanan itu dipertahankan dan ditingkatkan.


"Jam 03.00 WIB pagi banjir, jam 08.00 WIB sudah tersedia (bantuan). Saya kan cek di lapangan kayak apa. Malahan ada yang dari dinas sosialnya terlambat, tapi dari lurah dan camat sudah kasih duluan," ujarnya di Balaikota, Rabu (15/1/2014).


Menurut Jokowi, pelayanan semacam itu yang dibutuhkan warga. Jokowi mengatakan, banjir yang terjadi beberapa hari terakhir ini baru awal. Jakarta masih akan menghadapi cuaca ekstrem hingga paling tidak tiga setengah bulan ke depan. Dia meminta lurah dan camat di wilayah banjir tetap bersiaga jika sewaktu-waktu status banjir Jakarta berubah dari yang kini Siaga menjadi Darurat.


"Belum darurat. Kita pasti akan mengeluarkannya pada waktu yang sesuai dan tepatlah. Tidak asal-asalan gitu," kata Jokowi.


Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (13/1/2014) kemarin, banjir merendam 276 RT, 75 RW di 31 kelurahan dan 18 kecamatan di Jakarta. Sebanyak 7.367 rumah atau 24.269 jiwa terendam banjir. Banjir juga menyebabkan sebanyak 5.152 jiwa mengungsi di 35 titik. Empat orang meninggal dunia akibat tak kuat menahan kedinginan.


Di Jakarta Timur, banjir terparah terjadi di Kampung Pulo, Kramat Jati, dan Cipinang Melayu. Di Jakarta Selatan, banjir terparah terjadi di Pesanggrahan Manggarai dan Bukit Duri. Di Jakarta Barat, banjir terparah terjadi di Kedoya, Kembangan Utara dan Duri Kosambi. Sementara Jakarta Utara banjir parah terjadi di Pademangan. Adapun di Jakarta Pusat, hujan hanya menyebabkan genangan di sejumlah jalan.


Loading...

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment