Jokowi Bersama TNI AD Kerja Bakti Bersihkan Ciliwung

Bookmark and Share

TERKINISEKALI.BLOGSPOT JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama sejumlah personel TNI AD bergotong-royong membersihkan Sungai Ciliwung, Kamis (14/11).


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tiba di lokasi, yakni di pelataran Mall Season's City, Jakarta Barat sebagai titik kumpul pada pukul 08.15 WIB, sementara para personel TNI AD, petugas kebersihan dan masyarakat telah bersiaga lebih dulu.


"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungan," kata gubernur yang akrab disapa Jokowi ini sebelum memulai kegiatan pembersihan Sungai Ciliwung di pelataran Mall Season's City, Jakarta Barat.


Jokowi juga berharap, setelah sungai tersebut dibersihkan, tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai, sehingga sungai tetap bersih dan tidak terjadi banjir.


Sementara itu, Asisten Teritorial KASAD Mayjen TNI Meris Wiryadi menuturkan sebanyak 4.500 personel TNI AD dikerahkan dalam kegiatan tersebut. Selain itu, ada pula 2.500 orang dari unsur masyarakat dan warga sekitar serta 500 petugas Dinas Kebersihan.


"Ini merupakan langkah antisipasi memasuki musim hujan dan menghadapi ancaman banjir di ibu kota, sekaligus menyadarkan masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan," tutur Meris.


Kegiatan bersih-bersih Ciliwung dibagi menjadi empat sektor, yakni Sektor 1 dari Pintu air Manggarai hingga Fly Over KS Tubun, Sektor 2 dari Fly Over KS Tubun hingga Jembatan Jeling Roxy, Sektor 3 dari Jembatan Roxy hingga Jembatan Kali Jodo 2 dan Sektor 4 dari Kali Jodo 2 hingga Pluit.


Dalam kegiatan tersebut, dikerahkan sebanyak 7.500 personel gabungan (TNI AD, petugas kebersihan dan masyarakat), 40 unit dump truck enam roda, lima unit dump truck 10 roda, 40 unit germor, dua unit toilet VIP dan empat unit exavator yang diletakkan di empat titik, yaitu Manggarai, Pesing, Pluit dan Perintis Kemerdekaan.



Loading...

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment