Jokowi Siap Kucurkan Dana Rp 18 M, untuk Apa?

Bookmark and Share

TERKINISEKALI.BLOGSPOT JAKARTA---Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memastikan anggaran sebesar Rp 18 miliar untuk modifikasi cuaca akan didanai APBD DKI Jakarta. Terlebih, tahun lalu modifikasi cuaca yang dilakukan Pemprov DKI terbukti mampu mengurangi curah hujan di ibu kota.


Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengatakan, anggaran untuk modifikasi cuaca cukup besar. Namun, karena demi kepentingan warga Jakarta, Pemprov DKI Jakarta harus mendanainya. "Memang anggarannya besar, kita siapkan dari APBD DKI. Karena dari pengalaman kemarin dan laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memang memberikan pengaruh yang besar. Mengurangi hujan dan menyisihkan hujan ke daerah lain atau laut," kata Jokowi, seperti dilansir situs beritajakarta.


Terlebih, menurut Jokowi, modifikasi cuaca tersebut merupakan permintaan dari dirinya. Rencananya modifikasi tersebut akan dilakukan pada Januari-Maret 2014 mendatang. "Memang saya tadi minta kepada BNPB, kita minta siapkan yang modifikasi cuaca. Mau kita mulai dari Januari-maret, itu prediksi puncak musim hujan nanti," ujarnya.


Untuk membuat modifikasi cuaca dengan cara menabur NaCL (garam) yang disemai ke atas awan yang mengarah ke Jakarta itu, menghabiskan dana hingga Rp 18 miliar. Ia pun yakin, pada musim hujan kali ini, tingginya curah hujan tidak sampai menyebabkan banjir besar di DKI Jakarta.


Selain dengan modifikasi cuaca, pihaknya juga melakukan normalisasi kali dan waduk yang saat ini tengah dilakukan. Dengan normalisasi itu diharapkan dapat menampung tingginya volume air hujan pada puncak musim hujan nanti. "Sebagian kali dan waduk sudah dikeruk. Kalau dilihat dari prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan BNPB, memang akan hujan deras, tetapi tidak sampai menimbulkan banjir besar," jelasnya.


Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengakui, modifikasi cuaca di langit Jakarta tersebut telah terbukti dapat mengurangi dampak banjir di Jakarta dan curah hujan yang tinggi. "Awal tahun 2013 lalu kita melaksanakan antisipasinya dengan modifikasi cuaca terbukti berhasil, maka upaya itu kita lakukan lagi pada musim hujan kali ini," tandasnya.


Loading...

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment