Barcelona (ANTARA News) - Pebalap McLaren Jenson Button menjadi yang tercepat pada sesi latihan di sirkuit de Catalunya, Spanyol, dengan mencatat waktu satu menit 23,399 detik, Jumat, untuk Grand Prix Spanyol.

Sebanyak 10 mobil lainnya terpaut dalam waktu satu detik dari Button, dan pebalap Meksiko Sergio Perez berada di urutan ke-12 dengan mengendarai Sauber terpaut 1,023 detik.

Juara dunia dua kali Sebastian Vettel dengan Red Bull berada di posisi kedua pada dua sesi latihan itu.

Sedangkan pebalap Ferrari Fernado Alonso yang pada latihan pagi mencatat 1:24,430, merosot menempati posisi ke-14 pada sesi siang, dan rekan satu timnya asal Brazil Felipe Massa di urutan ke-11.

Alonso tampak membuat perbaikan dengan mobilnya setelah latihan di Italia pekan lalu menjelang balapan Eropa pertama dari musim Formula Satu.

Sedangkan Ferrari sedang berjuang mengejar Red Bull dan McLaren, meskipun pebalap Mercedes Alonso menang di balapan Malaysia pada Maret lalu dan sekarang pebalap asal Spanyol itu berada di urutan kelima dalam klasemen pebalap keseluruhan.

Namun pebalap Ferrari itu masih terpaut 10 poin dari Vettel.

Pebalap Mercedes Nico Rosberg, pemenang di China April lalu, di tempat ketiga tercepat pada sesi latihan siang hari, dan Lewis Hamilton dari McLaren di tempat keempat, rekan tim di Lotus Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean di tempat kelima dan keenam.

(A020)